news


JakartaFWRT - Finish 1 (7/5) – Pereli kebanggaan Indonesia yang tergabung dalam Fastron World Rally Team, Rifat Sungkar bersama dengan co-driver, Marshall Clarke berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di Amerika. Keduanya berhasil menjadi Juara 3 di Oregon Trail Rally, setelah berjuang maksimal selama 3 hari pertandingan.

Pada hari terakhir Oregon Trail Rally, Fastron World Rally Team dan para peserta lainnya harus melahap 5 Special Stage atau Etape Khusus yang melewati area pertanian berliku di Mount Hood. Dimulai dari SS13 Straveout Hillclimb, Rifat berhasil lebih cepat 10 detik dari pesaing terdekatnya David Sterckx. Tetapi hasil ini belum merubah posisi Rifat di posisi ke-4 klasemen umum sementara.

Sementara di SS14 Clausen, Rifat terus berusaha keras untuk dapat mengejar ketertinggalannya dari David Sterckx. Ia mencatatkan waktu 16,5 detik lebih cepat dari David Sterckx, sehingga berhasil merebut posisi ke-3 di klasemen umum sementara. Tetapi selisih waktu mereka saat itu hanyalah 2,9 detik.

Setelah memasuki Service Park dan Regrouping di Dufur, para pereli kembali melanjutkan pertarungan pada hari terakhir di SS15 dan SS16. Di kedua SS ini, Rifat tampil prima, dan dapat memperlebar jarak waktu dengan David Sterckx menjadi 40,6 detik.

Menurut Duta Safety Driving Indonesia ini, saat berada di lintasan, dirinya hanya focus mengemudi, tanpa memikirkan catatan waktunya. Rifat mengaku belum mengerahkan seluruh kemampuannya. “Saya masih belum merasa mengeluarkan 100% kemampuan, masih perlu banyak testing dan pembiasaan diri lagi setelah ini, namun sejauh ini, semua berjalan dengan baik. Masih ada 3 SS yang tersisa hari ini, banyak hal dapat terjadi disini, semoga semua tetap berjalan dengan baik,” ujar Rifat dalam rilis dari Portland, Oregon, Amerika Serikat tertanggal 5 Mei 2013, yang diterima Bisnis Global.

Memasuki Special Stage terakhir, SS17 Chenowith sepanjang 12,6 km, ketegangan semakin terasa di kubu Fastron World Rally Team. Apalagi di SS17 ini, Rifat dan Marshall sempat menabrak batu dan mengakibatkan pecahnya ban. Sejauh 5 kilometer, Rifat harus tetap memacu kendaraannya untuk mencapai finish, sehingga catatan waktunya adalah 8 menit 0,9 detik, jauh di bawah catatan waktu David Sterckx, yaitu 7 menit 32,6 detik. Tetapi dengan perjuangan sampai akhir, Rifat Sungkar bersama dengan Fastron World Rally Team berhasil menjadi Juara 3 Oregon Trail Rally, karena selisih waktunya dengan pereli di posisi ke-4, David Sterckx, masih 12,3 detik.

“Ini merupakan suatu kebanggaan besar, tidak hanya bagi saya, tapi juga bagi seluruh rakyat Indonesia, karena hari ini, kita bisa membuktikan bahwa Indonesia mampu berprestasi, khususnya di dunia reli di Amerika,” kata Rifat.

Hasil akhir dari Oregon Trail Rally adalah Juara 1 ditempati David Higgins, Juara 2 oleh Ken Block dan Rifat Sungkar menempati posisi Juara 3.

Setelah Oregon Trail Rally, Fastron World Rally Team akan melanjutkan perjuangannya di seri keempat Rally America, Susquehannock Trail Performance Rally, yang dijadwalkan akan digelar pada tanggal 31 Mei – 1 Juni 2013 di Wellsboro, PA.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s